Katalog, Buku Pembawa Keuntungan
Sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu katalog. Katalog itu menurut saya berarti alat dalam hal ini seperti majalah yang biasa digunakan oleh sebagian besar perushaan kosmetik untuk memperkenalkan produk-produk dan layanan mereka. Katalog sendiri banyak dijual di official store dari perusahaan tersebut dan di toko-toko besar. Katalog sendiri biasanya diburu oleh para ibu-ibu yang doyan belanja dan belanja, khususnya ibu-ibu zaman sekarang yang terbawa arus globalisasi.
Bicara mengenai katalog, katalog sendiri sangat praktis karena bahasanya tidak berbelit-belit disertai penjelasan produk yang mudah dipahami. Katalog yang baik biasa menggunakan pola-pola desain yang menarik serta gambar yang ditampilkan yang jelas.
Besar kecilnya pemasukan suatu perusahaan kosmetik juga tergantung dari isi katalog, apakah katalognya dapat memikat hati pembaca untuk membeli atau hanya sekedar membaca tanpa membeli produk tersebut. Dengan adanya katalog, orang bisa mengetahui harga barang-barang kosmetik terbaru, mulai dari parfum, peralatan makeup, sabun pencuci muka,dll sehingga mereka dapat menyesuaikan dengan budget yang ada. Katalog juga punya beberapa kelemahan, misalnya tidak semua orang bisa mendapatkan katalog karena bebrapa sebab seperti kurag iptek dan tidak tersedianya tempat yang menjual katalog dan juga ada beberapa orang yang tidak mengetahui sama sekali apa itu katalog. Di daerah saya sendiri katalog hampir tersedia di setiap toko-toko besar. Berbicara hubungan antara kosmetik dan katalog , keduanya sangat berhubungan erat (kek hubungan kita, iya kita). Katalog bisa menjadi media untuk Produsen-produsen kosmetik untuk mempromosikan barang-barangnya agar bisa laris manis dijual di Pasaran dan memperoleh keuntungan semaksimal mungkin. Namun, katalog juga bisa menjadi bumerang bagi produsen-produsen kecil yang ingin mempromosikan produknya dikarenakan biaya pembuatan katalog yang butuh banyak biaya. Berbicara tentang produk-produk katalog, sebenarnya ada banyak produk yang biasa kita jumpai sehari-hari, contohnya peralatan makeup, kosmetik, baju untuk semua kalangan, tempat bekal (tupperware), peralatan sekolah(tas,sepatu, seragam sekolah,pensil, penghapus, kaos kaki,dll), peralatan mandi, perhiasan(kalung,gelang, anting-anting,dll), tas, sepatu, dan aksesoris-aksesoris lainnya semua tersedia dalam isi katalog. Yang menjadi masalahnya, harga barang-barang yang tercantum dalam katalog kadang terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan harga pada umumya. Walaupun demikian, tetap masih banyak orang yang ingin membeli lewat perantara katalog, agar katanya tidak mau dikalah karena harganya, ataupun karena merk barang yang ternama. Selain itu, tidak semua barang yang termuat dalam katalog stocknya tersedia. Kadang, barang yang tercantum dalam katalog ketika akan dipesan malah habis dikarenakan berbagai sebab. Jadi terkadang pembeli merasa kecewa ketika barang yang akan dipesan stocknya habis. Kadang juga pembeli tertipu oleh gambar yang ada. Maka dari itu, sebagai pembeli hendak harus teliti dalam membeli barang-barang dalam katalog, khususnya membeli barang yang tercantum dalam katalog agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat membeli.
Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon dimaafkan.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Tidak ada komentar: